June 03, 2016

HORE ! Lima Tahun Nge-BLOG

Assalamualaikum..

Selamat Pagi Bloggers, Selamat hari Jum'at di Minggu Pertama bulan Juni. Selamat pagi juga untuk langit-langit Jakarta yang sedikit terlihat gundah karena mentari masih malu-malu untuk mengeluarkan seluruh bagian tubuhnya. 

Hm, Mulai dari mana ya. Oke, mungkin tulisan kali ini lebih mengarah ke pembicaraan dengan diri sendiri. Teringat bulan ini, Juni adalah bulan dimana saya untuk pertama kali memutuskan Ng-blog sekitar  lima tahun lalu (tulisan pertama sudah kedelete). Masih berdomain di julianashinta.blogspot.com dan masih dengan nama yang sama sejak hampir 23 tahun yang lalu "SHINTA JULIANA". 



Awalnya blog ini berjudul SENI KEHIDUPAN mengingat saya menulis segala kemelut rasa, baik itu secara fiksi maupun fakta, segala rasa sedih, bahagia, kecewa, patah, optimis, bangga dan rasa lainnya yang menjadi komposisi yang pas untuk dijuluki sebuah kehidupan. Waktu pertama kali saya menulis blog sekitar tahun 2011 lalu, Usia saya masih 18 tahun. Sesuai dengan usia, tulisan sayapun seperti remaja kebanyakan. Pokoknya kalo misal di review ulang suka bikin ketawa sendiri. Tapi, bagaimanapun itu tetap karya dari rasa yang saya alami waktu itu. Baik rasa yang benar-benar ada atau hanya buah dari cerita pihak ke tiga. Seiring waktu berjalan, pribadi perkembang, blog sayapun turut berubah sedikit demi sedikit. Mulai dari gaya bahasa, cara penulisan sampai ke pengolahan konten, semua menjadi saksi perkembangan pribadi saya tahap demi tahapnya. Beberapa tahun yang lalu, saya mengubah judul blog menjadi "SHINTA'S ROOM" karena kebanyakan dari tulisan isinya tentang kehidupan disekitar saya. Tentang pengalaman teman, pengalaman saya pribadi, atau tentang siapa saja yang ada di fikiran saya.

Mengalami Pasang Surut.
Seperti kegiatan lainnya, ngeblog juga ada pasang surutnya. Kalo lagi semangat-semangat, banyak ide buat nulis, waktu juga mendukung, terus fikiran juga mendukung, sebulan bisa mencapai sepuluh atau lebih postingan. Tapi, kalo mood lagi down, ide banyak tapi stuck enggak tahu mulai dari mana, waktu juga gak mendukung buat feel free di depan pc, ya bisa jadi dalam sebulan tidak ada postingan sama sekali. Atau tulisan hanya bersarang jadi draft yang ceritanya menggantung. 


HOREEEE ! Lima Tahun Nge-BLOG !

Alhamdulillah... walaupun Nge-Blognya angot-angotan, isinya gak karuan, pengunjungnya itu-itu aja atau bahkan minim banget pembacanya, tapi Blog ini sudah berjalan selama lima tahun.


Kenapa si Tetep Nge-blog ?
Dari kecil saya suka menulis. Menulis apa saja. Menulis ya bukan penulis. Kalo penulis harus punya pembaca, kalo menulis cukup punya kegiatan tanpa perlu pembaca.  Dari kecil, saya suka menulis baik itu puisi, cerpen, suka ngayal juga. Misal kalo lagi denger lagu mantan terindah khahitna, coba membayangkan diri sendiri ada di posisi seperti di lagu itu. Atau misal denger cerita temen yang di selingkuhin, muncul fikiran "kalo saya seperti itu, gimana ya?" dan terus memposisikan diri jadi siapapun yang saya inginkan. Tapi sayang, saya bukan pencerita yang baik. Jika mendengar sebuah kisah, lebih nyaman dituangkan dalam sebuah tulisan dari pada harus di dongengkan. Nah, Jadi bisa disimpulkan bahwa, "apa yang saya tulis di blog ini tidak melulu tentang kisah saya."

Sebelumnya saya pernah membahas alasan kenapa tetap Ng-BLOG disini, tapi cuma poin besarnya aja si. Ya intinya, jika suatu hari nanti, entah beberapa tahun kedepan dari sekarang ketika saya membaca kembali tulisan saya, saya bisa kembali mengingat meski mungkin sensasi rasanya sudah berubah, tapi  ingatan tidak bisa di elakan menuju kemana tulisan saya ketika menulisanya.

Mengenai pembaca, buat saya pribadi itu bukan hal yang dinomor satukan. Karena saya menulis, saya Nge-Blog itu lebih ke untuk diri saya pribadi. Ya tapi jika ada pembaca yang menyukai tulisan saya, itu lebih dari senang juga si. Hehehe..

Jadi, tulisan ini mengarah kemana ?

Tidak mengarah kemana-mana. Hanya menikmati euforia mengingat Blog saya sudah berjalan Lima Tahun.  

Harapan Kedepan.
Semua orang pasti punya harapankan ? sama saya juga punya harapan tentang blog saya kedepannya, meskipun saya cuma blogger amatiran. hehe.. Amatiran soalnya isinya gak ada juntrungannya. Ketika orang lain sibuk fokus ke tema blognya, misal temanya tentang travelling, maka isinya fokus (kebanyakan) tentang travelling. Jika temannya tentang Life Style, maka isinyapun tentang life style. Tentang kuliner ya isinya tentang kuliner juga. Nah, Terus Blog saya kiblatnya kemana ? Entah lah.. Nano-nano gitu deh.

Fiction [ Cerpen dkk ] --- Draft [ monolog, dialog, puzzle novel yang masih bersarang di otak ] --- Travelling [cuma itungan jari] --- Re-View [Care and Beauty] --- Tips & Trik --- dan kebanyak personalnya.

Harapannya si, semoga kedepan tulisan saya lebih berkembang ke Berbagi Informasi atau kalopun fiksi ya lebih berbobotlah. Pokoknya pengen  ada gunanya lah ketimbang isinya curhat gak jelas. 

Oh ya.. satu lagi yang kepengen banget saya tambahkan di setiap postingan saya. Yaitu Konten Gambar yang hasil tangan saya sendiri. Jadi enggak perlu nyomot dari google. OOOH... pengen jago gambar juga. Entahlah... dari sejak TK, saya tidak dianugerahi bakat menggambar. Kalopun menggambar, di benak saya hanya gunung segitiga dua buah, yang tengah-tengahnya ada matahari muncul, lengkap dengan awan dua buah kanan kiri dan burung terbang dua buah. Tak terlewatkan juga, beberapa petak sawah di samping jalan raya yang ujungnya menyempit. Titik. imajinasi saya dalam pengolahan gambar hanya berkisar pemandangan umum. Teruuuus, gimana mau jago ngegambar pake software kalo ngegambar di buku gambar aja masih kayak anak TK. Oke.. wassalam deh buat harapan yang ini. Huhuhuu..

Padahal suka banget, kalo pas lagi blogwalking nemu blog yang ada meme-memenya gitu ( bukan nyomot dari mbah google ). Tapi apalah daya, saya cuma bisa ngiri sambil berbisik pada diri, "Kapan ya saya bisa ngegambar?"

Gak terasa Bloggers, tulisan tanpa arah ini uda memuat beberapa paragraf. Cukup panjang juga si. Jam di depan saya juga sudah menunjukkan jam 11 siang. Uda cukup lama juga ya percakapan ngalor ngidul ini. 

Yaa... sampai sejauh ini, terimakasih buat yang sudah membaca, sudah ikut andil merealisakin --- saya jadi blogger abal-abal--- dengan postingan cukup banyak tapi kebanyakan gak berbobot dan minim pembaca. Terimakasih kepada teman, kawan, sahabat, buku-buku dan lagu-lagu yang sudah menjadi bahan tulisan saya.     

Sekali lagi...

Selamat. ANDA SUDAH NGEBLOG SELAMA LIMA TAHUN, SHIIIIIIN ! HOREEEEEEEEE


 See You soon Bloggers

@shintajuliana
sedang dalam tahap perbaikan diri.    

 





No comments:

Post a Comment