March 11, 2017

Perkenalkan.. 'MY NEW PROJECT'



'Kau tau yang paling sulit dalam hidup ini bukan memulai, tapi menuntaskan.' Itu bukan  kata-kata semata. Karena pada nyatanya, kita berani memulai namun belum tentu bisa menuntaskan apa yang sudah kita mulai.

***
        Oktober 2016 lalu, Saya menggarap project baru dengan nama “Shinjuku Hijab” . Mimpi menjadi seorang wirausahawan sejak dini atau mungkin lebih beken lagi di kenal dengan sebutan entrepreneur. Keinginan diri timbul saat pertama kalinya mengikuti seminar di bilangan Jakarta Barat dengan pemateri seorang founder website onlineshop yang cukup maju kala itu (tahun 2014). 

         Sebelumnya saya pernah bercerita sedikit tentang ini di postingan berikut ‘FOLLOW YOURDREAM’  dan baru bisa dieksekusi sekitar November 2016 lalu dengan me-launching-kan produk perdana dengan tema self manufactured
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
[ Bagi yang mau melanjutkan membaca, siapkan katung kresek sebanyak-banyaknya, bahasanya agak kurang ramah di mata. Banyak kalimat, yang minta di gebukin ramai-ramai.]
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

         Ada yang bilang, “Mimpi tanpa rencana itu tak berguna, sama halnya rencana tanpa langkah sama saja buang-buang waktu, dan langkah tanpa  eksekusi sampai finis, itu sama saja dengan pecundang”.
Setiap orang selalu punya keberanian untuk bermimpi, ingin menjadi ini, ingin menjadi begitu, sampai ingin menjadi begini-begitu. Untungnya sampai peradaban manusia millennium ini, tidak ditemukan pasal atau aturan pasti tentang larangan bermimpi. Sehingga setiap orang masih dengan leluasa melakukan aktivitas hayalannya untuk bermimpi.

           Yang membedakan antara manusia yang sehat dan tidak sehat adalah penggunaan otaknya untuk berfikir. Dengan kata lain, manusia yang punya mimpi pasti punya rencana. Tapi tidak semua rencana yang difikirkan dapat direalisasikan dalam bentuk langkah. Yang membedakan manusia pola ini adalah keberanian. Hal inilah kemudian --kenapa di depan kata bermimpi selalu di beri satu kata ‘berani’. Karena mimpi saja tidak akan pernah cukup. Orang dalam keadaan tidak sadar saja bisa bermimpi. Mimpi saja tidak ada istimewanya. Mimpi akan jadi istimewa jika diiringi dengan langkah-langkah kongkrit untuk mewujudkannya.

Puncak dari mimpi adalah menuntaskan mimpi tersebut. 

Ada pepatah yang mengatakan, “Tuntaskan apapun yang sudah kau pilih. Karena orang hebat tidak lahir dengan seketika, tapi orang hebat terlahir dari sebuah proses”. Saya lupa ini kutipan quotes siapa, tapi yang jelas, bagi saya ini seperti nasehat lama yang mengkristal agar selalu di ingat. Siapapun yang mempercayai ini untuk pertama kali, selamat anda masih terkungkung dalam teori, sebelum anda mampu berdedikasi terhadap apa yang sudah anda pilih.
 ///
///
Lho.. Kok jadi ngmongin masalah mimpi dan tektek bengeknya ( Baru sadar, uda beberapa paragraf dan isinya masih intro kalo di lagu).  Semoga aja berguna deh ya buat pembaca, biar gak hanya sekedar cuap-cuap belaka.
 ////
////
Back To new project.

       Menggarap project baru yang benar-benar baru (without skill, without experience )seperti memasak masakan yang naturally tanpa menggunakan alat-alat atau bumbu instan untuk mempermudah. Think, learn and Do More.  Hanya berbekal tekad yang matang, prinsip yang kental, dan tentunya modal yang kuat, Saya nekad terjun bebas ke ranah yang sebelumnya tidak pernah saya sentuh sedikitpun. 

Kok modal harus kuat si ?  
Karena saya ingin menuntaskan apa yang saya mulai. 
Karena saya tidak ingin apa yang telah menjadi pilihan saya, hanya akan menggantung di tengah perjalanan. 
Karena bagi saya, bisnis bukan perjalanan sebentar, bukan perjalanan berwisata sehari. Prosesnya tidak seperti memakan cabe syetan yang seketika pedas. Bisnis adalah perjalanan menemukan dan terus menemukan (tidak berhenti). 

Jika berbicara bisnis dan menjadi pebisnis atau menjadi seorang entrepreneur, keduanya tidak jauh dari kata modal. Baik dalam segi materi atau immateri. Dan pastikan keduanya, KUAT ! 
Menggarap project baru bagi saya yang sangat-sangat masih pemula dan fresh dalam dunia bisnis, menjadikan saya harus belajar banyak hal. Mulai dari cara membuat laporan penjualan, manage local payment ( Income and output ), belajar tentang produksi dan aspeknya, belajar tentang target pasar, dan belajar tentang 'feel and touch' bahan di pasar. 

By the way, dari tadi ngomongnya project baru mulu, berasa punya project gedean aja. 

Now, call Shinjuku hijab for my new project.

Eh—eh—eh.. yang baca ini postingan jangan muntah ber-ember-ember karena berasa di mentorin. Padahal saya sendiri masih pemula dan banyak cacat sana-sini. Cuma numpang share and semoga aja berguna.

Balik lagi ke shinjuku 
Apa sih Shinjuku hijab ?
Shinjuku hijab adalah Hijab Local Brand dengan tagline ‘PREMIUM HIJAB FOR YOUR DAILY’. Berani amat sih, gandeng kata premium untuk produk yang masih ecek-ecek.
Dimana sih letak Premiumnya ?
Jujur, kenapa saya pd(percaya diri) gandeng tagline itu di brand Shinjuku, ya tidak lain, karena Shinjuku hijab menggunakan kain berkualitas, dan tidak sembarangan. Setiap helainya benar-benar saya perhatikan kualitasnya. 

Biar lebih akrab, kenalan dulu yuk sama Instagramnya:



Produk Shinjuku masih seputar jilbab baik segiempat maupun pashmina. Pengen banget merambat ke fashion. Tapi untuk kesana, segalanya masih belum matang. Jilbab aja masih belajar. Apalagi segi marketnya, masih dibawah rata-rata banget. 

Sebenernya pengen banget bahas lebih detail, tapi saya sudah kehilangan kata-kata. oh ya, by the way ini postingan saya di tahun 2017 yang bener-bener jelas. Bagi yang masih merasa kurang jelas, segera minta label Hallal dari MUI. 

Agak sedikit geli sendiri baca postingan tahun--tahun sebelumnya. But, itu juga bagian dari proses pematangan diri juga. Gak perlu di hina, dicaci, apalagi di benci. Ini kok ujungnya gak karuan. oke, intinya si-- cuma ingin memperkenalkan project baru aja--tapi bahasanya ribet banget dari awal--cuma ingin mulai ngblog lagi aja--tapi yang sedikit ada gunanya ketimbang curhatan mehek-mehek anak abegeh--cuma ingin nulis aja--tapi kualitas tulisan masih gini-gini aja--yang penting maju terus bung ! ! ! semangat ! ! ! 

Sabtu bersama sabtu bersama bapak yang menginspirasi. AKHIRNYA.... BENERAN NGBLOG LAGI ! 



Dari Shinta Juliana
yang lagi ngegarap kesibukan baru.
semoga jadi berkah buat semuanya.
dunia dan akhirat.
Pencapaian apapun tidak untuk meninggi.
Tetap membumi.
karena bumi masih selalu menjadi tempat bersujud.
dari bumi--oleh bumi--dan untuk bumi.
Lupa caranya bersyukur ?
Bact to your SAJADAH !










2 comments: