May 13, 2017

#Challenges 30 Hari tanpa MEDIA SOSIAL ( DAY-6 : "KENAPA KAMU DI UNFOLLOW ?" )



KENAPA SIH GUE DI UNFOLLOW ?

           Minggu kemarin, saya sempat melakukan voting ke beberapa teman saya tentang hal-hal apa saja sih yang menyebabkan kamu harus unfollow akun seseorang ?  Agak shocked juga dengan berbagai jawabannya. Diawali dengan motif iseng-iseng berhadiah recehan, mulailah chat sana-sini dengan tujuan menanyakan hal yang sama, "Apa yang bisa menyebabkan kamu harus mengunfollow akun seseorang".  Ini merupakan jawaban dari "kenapa si Kamu di Unfollow?" 

 
Jika dirangkum, kira-kira jawabannya menjadi beberapa poin dibawah ini :

1. Akun yang isinya foto-foto selfi dengan tampilan full face

           Ladies, pasti enggak nyangka banget. Kalo ada beberapa cowok dengan karakter tertentu emang risih ngeliat postingan foto-foto full face yang berlebihan di sosial media. Selain risih, cowok dengan karakter ini, rata-rata termasuk kedalam good man yang emang ada niatan untuk jaga pandangannya.
           Nah, cewek juga pasti agak geli juga kan kalo ngeliat cowok yang doyan banget selfie. Kebanyakan si bilang Yess !
           Tapi, terkadang tangan-tangan usil kita ini, memang pengen banget ngepost muka kita dalam keadaan yang better atau best face. Tujuannya sama; ngeraih pujian. Kalo gak terlalu sering si, its oke ya. Tapi kalo sampe keseringan apalagi ketergantungan, yaa.. hati-hati entar ada yang ilang feeling.
           
Klik Sumber Gambar
2. Akun yang diduga menyebarkan kebencian atau provokasi

         Banyak orang yang berharap masuk keranah sosial media untuk mencari informasi atau mencari hiburan. Namun, seiring banyaknya isu ini dan itu, maka terbentuklah akun-akun pengguna sosmed yang emang demennya nebar-nebar kebencian, provokasi sana-sini, hingga yang timbul ujungnya adalah perasaan gerah.
         Nengok feed di instagram, ada postingan si anu yang hobby-nya nyinyir. Kadang, repost sesuatu yang kebenarannya belum pasti (HOAX). Yang dia like-in, akun-akun frontal yang isinya provokasi. Hm, untuk yang satu ini, wajarlah buat di unfollow.

3. Gak Begitu Kenal

        Dimulai dengan  bisikan, "Hm.. si A, B, C follow dia juga. Jangan-jangan dia adik kelas dulu pas di TK. Follow ajalah ". Eh ternyata, dilihat dengan teliti, kamu sama-sekali gak ngerasa kenal sama dia. Dan kamu termasuk pribadi yang membatasi pertemanan di dunia maya. So, Lets Unfollow  !
        Gak salah kan ? Malah better daripada kita terlalu mengekpose hidup kita tanpa kita tahu siapa yang melahap informasi tentang kita, pasti ada perasaan gak nyaman. Was-was, mengingat kejahatan dunia maya yang lagi marak terjadi belakangan.
        
4. Si Pesimis, Si Piktor (Pikiran Kotor), Si tukang Nyepam

        Karena instragram diperuntukan bagi semua kalangan. Dari mulai anak yang baru bisa bedain mana jempol mana telunjuk, sampe yang doyan nunjuk-nunjuk orang. Jadi merupakan hal yang wajar juga jika instagram dijadikan tempat pertemuan berbagai karakter. Tergantung bagaimana kita memfilternya aja.
       Ada yang risih dengan akun yang isinya caption menyek-menyek. Setiap hari postingnya sedih, pesimis sama hidup kayak abg labil yang baru di putusin.
      Ada yang males dengan akun si Piktor yang doyan posting, atau like sesuatu yang gak pantas. Setiap posting, isi captionnya menggiring kita buat berimajinasi liar.
      Ada juga si tukang nyepam yang doyan banget nyampah di mana-mana.

Setiap pengguna instagram, punya hak sama. Saat kita tidak bisa melarang, atau bahkan mengontrol postingan orang lain, maka lebih baik kita mengontrol tangan kita sendiri. Memilah dan memilih akun-akun mana saja yang pantas di ikuti dan akun mana saja yang pantas di skip.

5. Akun Mantan ( Mantan Gebetan, Pernah suka, Pernah punya harapan dll)

         Nah yang paling banyak voting alasan  mengunfollow akun seseorang, berkaitan dengan mantan. Apalagi kalo mantannya sudah berhasil move on. Cuma orang-orang yang punya mental baja yang masih follow akun mantan. Hehe..
         Alasannya si simpel, ada yang bilang gak mau lagi berhubungan sama hal-hal yang menyangkut doi, ada yang bilang gak kuat ngeliat dia sama yang lain, ada yang bilang pengen memulai hal baru.
        Tapi ada juga yang menanggapi mantan biasa aja di sosial media. Yang cuek bebek ngeliat doi dengan gandengan barunya, yang gak terlalu di ambil hati dengan segala bentuk sindirannya. WOW.. dahsyat ya.
Klik Sumber Gambar


         Nah, itu dia simpulan dari hasil voting  minggu lalu. Terlepas dari semuanya, kembali lagi ke pribadi masing-masing.

Selamat hari sabtu, dan semoga bermanfaat !
       


@shintajulianaaa
#satuharisatutulisan

#30haritanpasosmed

        




No comments:

Post a Comment