December 16, 2017

Terobosan 60 Tahun Astra International yang menginspirasi



 
ASTRA INTERNATIONAL

Siapa sih yang enggak kenal dengan nama ASTRA?
Astra International Tbk sebelumnya bernama Astra International Inc, didirikan di Jakarta oleh William Soeryadijaya pada tahun 1957. Mulai berganti nama menjadi Astra International tbk pada tahun 1990. Kini, setelah berjalan 60 tahun yang menginspirasi, perusahaan Astra International tbk telah sukses mengepakkan sayapnya dan memiliki 218.773 karyawan pada 212 anak perusahaan, perusahaan asosiasi dan pengendalian bersama entitas yang menjalankan tujuh segmen usaha. Diantaranya,
1      1. Otomotif
2   2. Jasa Keuangan
3   3.  Alat Berat dan Pertambangan
4   4. Agribisnis
     5.   Infrastruktur dan Logistik
     6.  Teknologi Informasi
7   7.   Properti

    Otomotif
Nama Astra sangat melekat dengan bisnis otomotif. Astra semangat menginovasi senantiasa memotori berbagai inisiatif pengembangan bisnis yang bertujuan untuk meraih prestasi. Astra juga mempertahankan daya saing dan posisi kepemimpinan yang unggul dengan reputasinya sebagai pilihan favorit masyarakat Indonesia.
Astra menawarkan ragam pilihan dan model terbaru kendaraan bermotor sesuai kebutuhan masyarakat, dari sepeda motor Honda, hingga berbagai ukuran mobil dan truk seperti Toyota, Daihatsu, Isuzu, Peugeut, BMW, dan UD Trucks.

Jasa Keuangan
Segmen Jasa keuangan ini berfungsi sebagai pemberi dukungan financial untuk memperkuat kegiatan penjualan rantai usaha bisnis di lima pilar bisnis utama.
Seperti PT. Federal International Finance (FIF) yang berfungsi mendukung financial sepeda motor Honda. Sementara Astra Credit Companies (ACC) dan Toyota Astra Financial Services (TAFS) yang berfungsi untuk mendukung pembiayaan mobil Astra. Berbeda dengan Surya Artha Nusantara Finance (SANF) yang  berfungsi untuk mendukung pembiayaan alat berat. Astra Life yang berfungsi sebagai pemberi kenyamanan proteksi di berbagai bidang bagi konsumen individu dan komersial. Di bagian terakhir dari jasa keuangan yang dimiliki ASTRA adalah Permata Bank yang berfungsi menawarka jasa layanan perbankan delivery channel bagi masyarakat di Indonesia.

Alat Berat dan Pertambangan
Ada tiga kegiatan utama di segmen ini yaitu penjualan mesin kontruksi, usaha kontraktor penambangan, dan pertambangan batubara. Untuk keseluruhannya dikelola oleh PT United Tractors Tbk (UT) yang merupakan anak perusahaan  dari Bursa efek Indonesia.


Agribisnis
Pada segmen ini, Astra mengepakkan sayapnya pada lahan kelapa sawit. Perkebunan kelapa sawit yang dimiliki perusahaan Astra merupakan perkebunan kelapa sawit terbesar di Indonesia dengan luas 281.378 hektar mencakup wilayah Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Mayoritas hasil produksi CPO AAL diserap oleh pasar domestik, dan untuk sisanya diekspor ke India dan Cina. 

Infrastruktur dan Logistik
Pada segmen infrastruktur dan logistik yang dimiliki ASTRA mencakup konsesi pembangunan dan pengelolaan jalan tol dan pelabuhan laut untuk infrastrukturnya. Sedangkan pada segmen logistik Astra memiliki empat kegiatan inti yaitu:
a    a. Jasa penyewaan mobil TRAC-Astra Rent A Car
b    b. Mobil 88 & Ibid untuk kegiatan penjualan mobil bekas
c    c. Layanan logistic SELOG
d    d. Transportasi umum Orenz taxi

Teknologi Informasi
Astra memiliki rantai usaha Teknologi Informasi yang menawarkan solusi bisnis berbasis Document, Information, & Communication Technology (DICT). Segmen ini  dijalankan oleh PT Astra Graphia Tbk (Astragraphia).
Pada segmen ini Astragraphia berperan dalam sinergi pengelolaan ICT dengan meyediakan produk ICT, termasuk gadget, notebook, server, network, perangkat lunak system operasi dan sebagai business enabler.

Properti
Astra memasuki sector properti pada tahun 2013 dengan tujuan untuk memperkuat value chain business Astra Group.
Pada segmen ini, Astra bekerja sama dengan HongkongLand, Ltd melalui PT. Brahmayasa Bahtera.

Kini perusahaan Astra telah memasuki usia yang sangat matang yaitu 60th perjalanan bisnis. Ia berhasil menyentuh berbagai aspek negeri dengan menghasilkan banyak produk dan layanan membuat ASTRA semakin menjadi perusahaan bonafit dan terkemuka. Namanya bukan hanya melambung di pasar bisnis Indonesia tapi juga di kancah Internasional. Melalui produk-produk yang dihasilkan, ASTRA juga berkontribusi dalam penyumbangan devisa Negara. Seperti kegiatan ekportir kelapa sawit, batubara dan kendaraan bermotor. Selain itu, Astra juga turut serta dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Selama 60 tahun perjalanannya, Astra berhasil membangun reputasi bisnis yang kuat melalui penawaran rangkaian produk dan layanan berkualitas. Astra berupaya untuk menerapkan perpaduan yang berimbang antara aspek komersial bisnis dan sumbangsih non bisnis melalui program tanggungjawab sosial berkelanjutan  di bidang pendidikan, lingkungan,  pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) serta kesehatan.

Di balik kesuksesannya, Astra sangat berpegang teguh dengan komitmen pada empat filosofi yang disebut dengan catur dharma sebagai salah satu bentuk komitmennya untuk menjadi perusahaan dengan tujuan dan landasan yang jelas.

Catur dharma yang dipegang teguh oleh Astra adalah menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara, memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, menghargai individu dan membina kerjasama serta berusaha mencapai yang terbaik.

Belajar dari perjalanan bisnis Astra, memiliki tujuan dan komitmen yang kuat merupakan hal mendasar sebuah bisnis. Pandangan mengenai visi dan misi yang jelas, menjadi satu hal pokok yang wajib dimiliki perusahaan dengan harapan bisnis yang diembannya bisa bertahan.


No comments:

Post a Comment